Selamat Datang di Kecamatan Pagindar Kabupaten Pakpak Bharat. Temukan Informasi Terkini seputar Kecamatan Pagindar, Potensi Wilayah Kecamatan Pagindar dan Informasi Lainnya.

Search

Proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan membutuh kan Sumber Daya Manusia yang handal dan terampil oleh karena itu pendidikan mempunyai peranan penting dalam mendukung proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan disegala bidang kehidupan masyarakat. Kualitas Sumber Daya Manusia sangat tergantung dari kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas SDM merupakan kebutuhan mendesak untuk enghadapi tantangan era komputerisasi dan informasi yang semakin canggih.
Dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan keterampilan penduduk melalui proses pendidikan akan sangat tergantung pula kepada Fasilitas dan sarana pendidikan yang tersedia. Disamping itu di pengaruhi pula oleh peningkatan kualitas guru/pengajar di lembaga-lembaga pendidikan baik Negri maupun Swasta.
Informasi berikut ini akan disajikan rata-rata murid per sekolah, rata-rata murid perguru dan angka partisipasi kasa, untuk jenjang pendidikan TK, SD,SMP,dan SMA.
Tingkat penggunaan Sekolah Dasar terhadap jumlah murid untuk Sekolah Dasar mempunyai rata-rata murid persekolah sebesar 120 orang. Dengan jumlah murid sebanyak 6.170 orang, dan jumlah guru SD sebanyak 465 orang. Maka rata-rata murid perguru sebesar 13 orang, rata-rata murid per guru terbesar terdapat di Kecamatan Salak dan terkecil di Kecamatan Pergetteng getting Sengkut. Di Kabupaten Pakpak Bharat terdapat 7 unit sekolah Madrasyah Ibtidayah (MI) dengan jumlah murid 597 orang dan jumlah guru 59 orang.
Rata-rata murid per Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 149 orang, dengan rata-rata terbesar ada di Kecamatan Salak 312 orang persekolah dan rata-rata tekecil di Kecamatan Pagindar 58 orang.
Jika dilihat rasio murid dengan guru di daerah ini terlihat sangat baik karena jika standard pembelajaran yang efektif adalah 30 murid per guru sehingga setiap murid dapat meneima pelajaran dengan baik (face to face) di Kabupaten Pakpak Bharat rasio murid dengan guru jauh di bawah standard 11 murid per guru.
Dilihat dari Kecamatan, maka Kecamatan Tinada memiliki rasio terkecil yaitu 6, sedangkan Kecamatan Salak mempunyai rasio terbesar 16. Untuk sekolah Madrasah Tsanawiah (setara SMP) rasio murid persekolah adalah 43 sedangkan rasio murid per guru sangat kecil yaitu 4.
Terdapat 5 Sekolah Menengah Atas di daerah ini, dengan jumlah murid 1.244 orang dan 102 orang guru, sehingga rasio murid per guru adalah 12.

0 Response to "Pendidikan"

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda pelayanan di Kantor Camat Pagindar?

Translate

Kotak Saran

Pengunjung